Produk Plastik yang bersahabat untuk Kesehatan
Tupperware
adalah nama merek terkenal dari peralatan rumah tangga yang terbuat dari
plastik, termasuk didalamnya, wadah penyimpanan, wadah penyajian dan beberapa
peralatan dapur yang diperkenalkan untuk khalayak umum pada tahun 1946.
Mereka
merancang, membuat dan menyebarkan produk-produknya ke seluruh dunia melalui
perusahaan induknya Tupperware Brands Corporation dan dipasarkan dengan metode
penjualan langsung yang sering dikenal dengan julukan independent sales force
atau sales force yang saat ini tidak kurang ada 1.9 juta orang tersebar di
seluruh dunia. Tupperware sendiri merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh
Tupperware Brands Corporation.
Tupperware
pertama kali dibuat pada tahun 1946 oleh Earl Tupper (1907 – 1983) di Amerika.
Ia membuat suatu wadah plastik yang dipergunakan di rumah tangga untuk
menyimpan makanan dan membuatnya kedap udara. Salah paten penting dari produk
ini adalah seal penyekatnya yang dikenal dengan sebutan "burping
seal", yang merupakan ciri khusus terkenal dari produk-produk Tupperware,
yang membuatnya sangat berbeda dengan produk-produk sejenis.
Tupperware
mengawali strategi penjualan langsung dengan apa yang disebutnya sebagai
Tupperware party. Brownie Wise (1913 – 1992) adalah orang mengenalkan strategi
ini, dimana sebelumnya ia adalah seorang agen penjualan dari Stanley Home
Products. Di awal-awal tahun 1950an, penjualan meledak dan membuatnya dikenal
oleh banyak orang. Hal ini terutama dikarenakan pengaruh dari Brownie Wise pada
para wanita yang menjajakan Tupperware dengan memakai metode party tadi.
Tupperware juga semakin dikenal pada masa-masa Perang Dunia II, dimana para
wanita dianjurkan untuk lebih memiliki waktu untuk keluarganya, dan dengan
menjadi agen Tupperware menjadikan mereka memiliki penghasilan sendiri dari
rumah. Selain itu ada tradisi yang dikenal dengan sebutan Assembly yang diadakan
di setiap distributor Tupperware yang diadakan secara rutin. Tradisi ini
diperkenalkan dan dilanggengkan hingga kini sebagai sarana untuk memberikan
penghargaan kepada para penjual, perekrut
terbaik baik untuk individu maupun secara team dan organisasi.
Salah
satu produk Tupperware seri Ultraplus
Beberapa
produk dari Tupperware Perancis.
Tupperware
menyebar ke daratan Eropa sejak kurun waktu 1960 ketika Mila Pond mengadakan
sebuah Tupperware party di Weybridge, Inggris, serta beberapa kota lainnya.
Namun pada tahun 2003, Tupperware menutup operasinya di Inggris Raya,
dikarenakan kekecewaaan para penggunanya atas metode penjualan langsungnya, dan
baru dibuka kembali pada tahun 2005 setelah ada restrukrisasi.
Rexall
membeli saham Tupperware pada tahun 1958. Rexall menjual toko obat-obatan
dengan namanya pada tahun 1977, dan kemudian dinamakan menjadi Dart Industries.
Dart merger dengan Kraftco dan akhirnya membentu perusahaan dengan nama Dart
& Kraft. Tapi kemudian perusahaan itu pecah lagi, dimana aset-aset Dart
sebelumnya dinamakan menjadi Premark International. Tupperware Brands kemudian
dipecah dari Premark pada tahun 1996; dimana kemudian Premark diakuisisi oleh
Illinois Tool Works tiga tahun kemudian. Saat ini Tupperware sudah terjual di
hampir 100 negara di seluruh dunia.
Keunggulan
dan Kelemahan Tupperware
- Keunggulan
1. Kuat
2. Ringan
3. Flaksibel
4. Tahan
Karat
5. Tidak
Mudah Pecah
6. Mudah
diberi warna sehingga menambah daya Tarik
7. Mudah
dibentuk untuk berbagai fungsi
8. Isolator
panas/listrik yang baik
- Kelemahan
1. Beberapa
jenis plastik tidak tahan panas
2. Beberapa
jenis plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai
secara alami (non-biodegradable)
3. Jika
tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam
plastik dapat membahayakan kesehatan
Referensi
:
http://tupperware.co.id/Pages/ListBahanProduct.aspxID=XLLALTqi1TnyuGbBmvaIMw==&Page=1
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus